"Ngariung" Bersama Petugas PLN Batu Kajang
Hari ini tepatnya rabu 18 april 2012 bertempat diwarnet violet.net batu kajang pukul 20 : 00 wita
telah berlangsung pertemuan antara ASOSIASI PENGUSAHA WARNET SEBATU KAJANG dengan perwakilan PLN SUB RAYON BATU SOPANG.
Dimana pada kesempatan hari ini dari pihak ASOSIASI PENGUSAHA WARNET diwakili oleh pengurus beserta anggota, sedangkan dari pihak PLN RAYON BATU KAJANG diwakili oleh Bapak KIKIN selaku Pimpinan di PLN SUB RAYON BATU KAJANG dan Bapak Irul selaku Penanggung Jawab Harian.
Pada kesempatan kali ini kami membahas tentang permasalahan yang sering terjadi dibatu kajang khususnya tentang seringnya terjadi pemadaman mendadak yang dilakukan oleh pihak pln baik yang dikarenakan oleh kerusakan mesin, instalasi jaringan sampai dengan gangguan yang disebabkan oleh alam. Pada mulanya/umumnya selaku konsumen bila terjadi pemadaman biasanya hanya bisa mengeluh, menerima dan bahkan mencacimaki atas kinerja pln.
Namun dengan diadakannya pertemuan hari ini akhirnya terjawab sudah mengapa, kenapa dan disebabkan apa ko semua itu bisa terjadi. Hal yang mendasar mengapa semua itu bisa terjadi disebabkan :
1. Penyebab Internal
Kondisi mesin yang sudah uzur (tua)
Kapasitas mesin yang tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk mensuplay power
Kurangnya alat pendukung/penunjang
Tidak tersedianya onderdil cadangan dilokasi
Kurangnya tenaga untuk menunjang operasional
Setruktural yang sudah tidak sesuai/memadai (SUB RAYON) yang seharusnya sudah menjadi RAYON dikarenakan banyaknya pelanggan yang sudah ada ( + 1.830 sekian) dengan jumlah calon pelanggan yang telah terdaftar sebanyak 3.000
2. Penyebab Eksternal
Gangguan yang bersifat dari alam
Banyaknya penerangan/penggunaan listrik secara ilegal
Banyaknya penggunaan daya yang tidak sesuai
Hal-hal tersebutlah yang selama ini yang menyebabkan sering terjadinya pemadaman dibatu kajang, coba sama-sama kita bayangkan bagaimana mungkin listrik dibatu kajang bisa dinikmati dengan normal bila masyarakatnya terus menerus melakukan kecurangan, sebagai contoh satu rumah yang menggunakan satu kilometer dengan daya 450 atau 900 watt bisa menerangi 5 bahkan sampai 10 rumah lainnya dengan perlengkapan rumah seperti televisi, kulkas, kipas angin, reskuker, mesin air, dan lain sebagainya. Ibarat kata pepatah besar pasak daripada tiang, Kapasitas yang dihasilkan Pln tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Bagaimana mungkin mesin bisa bertahan lama bila mesin terus menerus digunakan tanpa adanya waktu untuk mengistirahatkan mesin itu sendiri.
Dalam hal ini masyarakat juga tidak dapat dipersalahkan atas kecurangan yang dilakukan selama ini, karena listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok dimasyarakat, kecurangan yang dilakukan msyarakat dikarenakan PLN batu kajang tidak dapat mengadakan pemasangan baru bagi masyarakat batu kajang, hal ini disebabkan faktor internal dari PLN itu sendiri serta peran serta Pemerintah Daerah Kabupaten Paser.
Jadi semua ini yang salah siapa ......????
>>Masyarakat kah yang telah melakukan kecurangan
>>PLN kah dengan kinerjanya yang tidak maksimal atau . . .
>>Pemerintah Daerah kah yang tidak tau atau sengaja tidak ingin tau kendala yang dialami masyarakat dibatu kajang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar